Rabu, 15 Desember 2010

MENGAJARKAN ANAK MEMBACA SEJAK DINI




Ditulis Oleh: Onny Rudianto
Sering saya dapati siswa kelas VI disuruh membaca ke depan tidak mau, setelah saya tanya ternyata dia tidak bisa membaca dengan lancar. Kejadian di atas sering kita jumpai disekolah, lantas siapa yang harus disalahkan?
Membaca adalah salah satu kegiatan yang dicanangkan oleh Pemerintah dalam CALISTUNG (membaca, menulis dan berhitung). Lantas bagaimanakah cara mengajarkan membaca pada anak diusia dini? Pada tulisan ini saya akan mencoba berbagi pengalaman yang sudah pernah saya lakukan dan dapat membuahkan hasil. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
Langkah awal:
  1. Ajaklah anak-anak belajar sambil bermain, misalnya mencari namanya, mencari nama hewan dll
  2. Buatlah huruf alphabet dari kertas karton dipotong-potong tiap huruf, atau beli yang sudah jadi dari plastik.
Tahap 1:
Mengenalkan huruf alphabet.
  • Kenalkan dulu anak pada kelompok huruf-huruf alphabet 1 – 4 huruf. Jangan paksakan untuk menghafal semua huruf (ingat memori otak perlu proses untuk menyimpan data). Pengenalan 1– 4 huruf perlu berulang-ulang dan diacak. Jangan berpindah kekelompok huruf lain jika adasatu huruf yang dilupakan anak
  • Tes: coba anda tunjuk satu huruf minta anak untuk menyebutkan, lakukan berkali-kali.
  • Setelah dirasa anak hafal huruf alphabet, satukanlah semua huruf-huruf alphabet dan mintalah anak mencari salah satu huruf. Lakukan berulang-ulang dan acak sampai anak hafal semua huruf alphabet.
  • Tes: coba anda tunjuk satu huruf minta anak untuk menyebutkan, lakukan berkali-kali.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 

"WalunganelmU". Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com