Kamis, 17 Maret 2011

BAB 7 BEKERJA DENGAN EXCEL




7.1 Membuat Buku Kerja Baru dan Memasukan Data
7.1.1 Membuat Buku Kerja Baru
Langkah-langkahnya :
1.    Dari meni File, Klik New
2.    Klik Blank Workbook
Cara lain adalah dengan perintah New di menu file atau mengklik tombol New di toolbar standar
7.1.2 Memasukan Data di Sel Lembar Kerja
·      Memasukan data angka
Memasukan data berupa angka dalam excel, tidak diperkenankan memasukan angka dengan memberikan tanda titik sebagai pemisah ribuan. Hal ini dikarenakan excel akan memperlakukan tanda titik biasa dan bukan sebagai tanda pemisah. Akibatnya angka kita masukan jadi tidak berarti.
Langkah-langkah untuk mengatur penambahan decimal
1.       Dari menu tools, klik options
2.       Klik tab edit
3.       Berilah tanda cek pada kotak cek Fixed decimal
4.       Lakukan salah satu berikut ini
Ï  Bila kita ingin menambahkan angka nol sebanyak n buah di belakang angka yang kita ketik, masukanlah angka negative n (-n). misalnya, -6 untuk menambahkan 6 angka nol dibelakang data yang dimasukan.
Ï  Bila kita ingin menggeser angka decimal ke kiri sebanyak n buah angka, ketik angka n. misalnya, 3 untuk menggeser angka 3 angka ke kiri tanda koma dari yang dimasukan. Misalnya angka 2135 akan berubah menjadi 2,135
5.       Klik ok
·      Memasukan data berupa teks, waktu, tanggal
¥  Memasukan data berupa teks adalah dengan cara mengetik huruf-huruf di keyboard, berbeda data yang berupa bilangan yang ditempatkan merapat ke kanan di sel, data berupa teks akan ditempatkan merapat ke kiri.
¥  Bila data yang dimasukan berupa waktu, sedangkan system waktu yang digunakan adalah system 12 jam, maka setelah memasukan data waktu perlu ditambahkan spasi dan huruf a untuk waktu AM dan hurup p untuk waktu PM. Misalnya, waktu yang akan dimasukan adalah pukul 14.45, maka pada system waktu 12 jam kita harus mengetik 2:45 p
¥  Memasukan data berupa tanggal dilakukan dengan menggunakan tanda garis miring (/) atau garis pemisah (-) untuk memisahkan tanggal, bulan dan tahun. Misalnya 21/7/1981 atau 21-jul-1981. Excel akan mengubah bentuk data tanggal yang dimasukan sesuai dengan format data yang sedang berlaku di sel tersebut. Bila tidak sesuai dengan yang kita inginkan, format data tersebut bisa diatur
·      Memasukan data yang berurutan
Langkah-langkahnya :
a)        Pilih sel tempat data pertama akan dimasukan
b)        Ketik data pertama, kemudian pindah ke sel berikutnya
c)         Ketik data kedua yang sesuai dengan urutan data dengan ketentuan :
Ø Bila urutan data yang akan dimasukan adalah 1,2,3,4, dan seterusnya, ketiklah 1 dan 2 di dua sel pertama
Ø Bila urutan data yang akan dimasukan adalah 2,4,6,8,10 , dan seterusnya, ketiklah 2 dan 4 di dua sel pertama
Ø Bila urutan data yang akan dimasukan adalah 5,8,11,14, dan seterusnya, ketiklah 5 dan 8 di dua sel pertama
d)        Blok kedua sel yang sudah diisi data tersebut
e)        Letakan pointer di sudut kanan bawah sel kedua samapi tanda tambah (+) muncul di pointer
f)         Drag ke kanan atau ke bawah untuk urutan data yang semakin besar. Atau drag ke kiri atau ke atas untuk urutan data yang semakin kecil
g)        Bila data terakhir sudah dimasukan, lepaskan mouse
·      Memasukan data sekaligus
Caranya :
a)        Pilihlah sel-sel tempat data-data yang akan dimasukan. Tekanlah tombol ctrl sambil memilih sel dengan mouse jika sel-sel yang dipilih tidak saling berdekatan
b)        Ketiklah data yang akan dimasukan pada salah satu sel yang sudah dipilih
c)         Tekanlah ctrl + enter. Data yang dimasukan akan mengisi semua sel yang sudah dipilih sekaligus
7.1.3 Mengatur Perpindahan Sel Setelah Menekan Enter
Telah diatur secara default bahwa tombol enter bila di tekan akan pindah ke bawah (dalam satu kolom). Sebaliknya bila kita ingin memasukan data dalam sel-sel yang berada dalam satu baris, akan lebih mudah bila tombol enter berpindah ke sebelah kanan.
Langkah-langkah mengatur perpindahan sel yang aktif setelah menekan tombol enter :
1.    Dari menu tools, klik options
2.    Klik tab edit
3.    Pada bagian settings, berilah tanda cek di move selection after enter
4.    Dikotak pilihan direction, pilih arah perpindahan sel aktif yang kita inginkan
5.    Klik ok
7.2 Mengelola Buku Kerja
7.2.1 Menyimpan Buku Kerja Baru
Caranya :
1.    Dari menu file, klik perintah save (ctrl + s)
2.    Pada kotak save in, pilihla folder tempat menyimpan file buku kerja
3.    Pada kotak file name, hapuslah book I dang anti dengan nama file yang diinginkan
4.    Klik tombol Save.
7.2.2 Menyimpan Buku Kerja dengan Nama File Baru
Caranya :
1.          Dari menu File, klik perintah Save as
2.          Pada kotak pilihan Save in, pilih folder tempat menyimpan file buku kerja baru
3.          Pada kotak file name, hapuslah book I dang anti dengan nama file yang diinginkan
4.          Klik tombol Save
7.2.4 Mengatur Penyimpanan Otomatis (Save AutoRecover)
Save AutoRecover berfungsi untuk menyimpan data secara otomatis jika terjadi pemutusan arus listrik.
Caranya :
1.         Dari menu Tools, klik Options
2.         Klik tab Save
3.         Pada bagian Settings, berilah tanda cek di Save AutoRecover info every
4.         Masukan waktu yang diinginkan, misalnya 5 menit
5.         Klik tombol Ok

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 

"WalunganelmU". Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com